soal latihan logika algoritma

SOAL LATIHAN UAS LOGIKA DAN ALGORITMA
SOAL LATIHAN UAS LOGIKA DAN ALGORITMA
Berikut adalah soal latihan untuk menghadapi uas logika dan algoritma,kalo ada yang salah koreksi sendiri yap....hehehe goodluck
1. Usaha mengurutkan kumpulan data dalam array disebut ? = Sorting
2. Usaha Pencarian data dalam kumpulan data disebut ? = Searching
3. Pencarian data dengan meneliti data satu per satu dari awal ? = Linear Search
4. Teknik Sort yang bekerja dengan teknik gelembung disebut ? = Bubble Sort
5. Proses pencarian data pada data urut lebih efektif jika menggunakan teknik search ? = Binary Search
6. Himpunan yang disusun secara menaik / increasing akan mengalami keaadaan time complexity yang disebu ? = Best Case
7. Himpunan yang disusun secara acak akan mengalami keadaan time complexity yang disebut ? = Average Case
8. Himpunan yang disusun secara menurun / decreasing akan mengalami keadaan time complexity yang disebut ? = Worst Case
9. Pembagian waktu pada average case / data tak tersusun disebut ? = 3n/2-1
10. Metode yang biasa digunakan untuk melakukan sorting yaitu ? = Selection Sort, Quick Sort, Merge Sort, Bubble Sort
11. Kriteria Array dua dimensi yaitu ? = memiliki baris dan kolom
12. Teknik yang sering digunakan dalam metode search ? = Linear Search dan Binary Search
13. Knapshack Problem dapat diselesaikan dengan cara ?
= Matematika
= Kriteria Greedy
= Algoritma Pemrograman Greedy
14. Arti dari suatu simpul yang tidak dihubungkan dengan suatu ruas apapun dalam menentukan suatu pola lalu lintas dengan jumlah fase minimal adalah ? = Simpul tersebut selalu berlaku lampu hijau.
15. Dalam masalah pewarnaan warna yang dipergunakan sebaiknya ? = Seminimal mungkin
16. Graph yang dihasilkan dalam masalah traveling salesman adalah ? = Graph Tertutup
17. Fungsi Utama / tujuan dalam masalah knapshack adalah ? = Maximum pixi
18. Problem pemberian warna pada semua simpul sehingga 2 simpul yang berdampingan (ada ruas yang menghubungkan kedua simpul tersebut) mempunyai warna yang berbeda disebut ? = Coloring
19. Apa yang disebut dengan Quick Sort ? = yaitu Sorting dengan iterasi secara terurut dari posisi element 1 ke element 2 dan seterusnya
20. Apa yang disebut dengan Bubble Sort ? = yaitu Teknik Sort yang bekerja dengan menggunakan prinsip gelembung udara yang akan bergerak naik keatas secara satu persatu
21. Apa yang dimaksud dengan Selection Sort ? = Tenik sort dengan cara pemilihan element atau proses kerja dengan memilih element data terkecil untuk kemudian dibandingkan dan ditukarkan dengan element pada data awal dan seterusnya sampai dengan seluruh element sehingga akan menghasilkan pola data yang telah disort
22. Pemberian warna yang sama pada coloring terjadi apabila ? = Simpul tidak berdampingan
23. Pemberian warna yang tidak sama pada coloring terjadi apabila ? = Simpul berdampingan
24. Permasalahan bagaimana mengoptimalisasi storage / memory dalam computer agar data yang disimpan dapat termuat dengan optimal disebut ? = Optimal storage on tapes problem
25. Algoritma yang digunakan untuk mencari ruas terpendek yang menghubungkan setiap simpul dalam graph adalah ? = Shortest Path Problem
26. ALgoritma untuk mencari waktu tempuh perjalanan terpendek dan kembali ke simpul awa adalah ? = Traveling Sallesman
27. Kriteria Knapshack Problem adalah ?
= minimum weight (berat terkecil) = wi
= maximum profit (profit terbesar) = pi
= maximal profit/weight = pi/wi
28. Ciri – cirri graph minimum spanning tree adalah ?
a. Setiap ruas graph tidak saling berhubungan
b. Setiap ruas memiliki nilai
c. Setiap ruas tidak memiliki arah
29. Pencarian max dan min akan mendapatkan best case jika data yang diurutkan ? = secara increasing / urut menaik
30. Dalam pencarian binary (bagi dua) dengan data terurut ascending ,algoritma yang benar adalah ?
= jika x

= jika x>a[mid] maka low = mid+1
= jika a[mid]31. Fungsi tujuan Knapshack Problem adalah ? = untuk mendapatkan solusi yang optimal dengan mencari profit yang maximal
32. Greedy By Densitas adalah ? = Pilih barang dengan perbandingan nilai dan berat yaitu pi/wi terbesar
33. Salah satu contoh penerapan coloring graph adalah ? = menentukan pola lalu lintas dengan fase minimal
34. Teknik pencarian yang hanya bisa melakukan proses pencarian apabila datanya urut adalah ? = Binary Search
35. Jumlah perbandingan yang dilakukan untuk worst case adalah ? = 2(n-1)
36. Hal yang mempengaruhi kecepatan algoritma sort adalah ? = jumlah operasi
37. Nilai middle adalah ? = (low + high)div2
38. Graph yang dihasilkan minimum spanning tree adalah ? = graph tertutup
39. Diket Data : 2 22 10 15 3 8
Jika menggunakan Bubble sort maka iterasi ke 2 keadaan data menjadi ?
= 2 3 22 10 15 8
40. Diket data : 5 3 4 2 1
Jika menggunakan insertion sort maka iterasi ke 3 adalah ?
= 3 4 5 2 1
PERTEMUAN 9
Soal Logika dan Algoritma Semester I B
1. Kumpulan elemen-elemen yang terurut dan memiliki tipe data yang sama disebut :
a. Rekursif >c.Array e. Direktori
b. Record d. File
2. int nilai [6];
Variabel nilai dalam statment diatas merupakan :
a. Tipe data c. Jumlah baris e. Jesnis Data
>b. Nama Array d. Jenis Array
3. Sebuah matriks dideklarasikan sebagai berikut:
int nilai [3][4];
Jumlah elemen dari matriks tersebut adalah:
a. 7 c. 3 e. 8
b. 4 >d. 12
4. Pada array dua dimensi dengan ordo 4 x 4, dengan kondisi A[i,j]=1, jika i<=j, A[i,j]=j, jika i>j dari pernyataan diatas nilai dari A[3,2] adalah :
a. 1 > c. 3 e. 6
b.2 d. 4
5. Dibawah ini merupakan hal-hal yang harus dikemukakan dalam mendeklarasikan suatu bentuk array, kecuali :
>a. Tipe array c. Ukuaran Array e. Ukuran Data
b. Tipe Data d. Nama Array
6. Tehnik dalam memilih dan menyeleksi sebuah elemen dari beberapa elemen yang ada disebut :
> a. Searching c. Devide
b. Sorting d. Conquer
7. Algoritma pencarian elemen Maximal dan Miumimal dengan Linier / Squential Search disebut :
>a. Strait MaxMin c. D and C
b. Binary Search d. Knapsack
8. Bila Terdapat deret data atau angka sebanyak 950 buah dan kita akan melakukan pencarian data pada deret tersebut dengan teknik linier search, maka akan membutuhkan waktu maksimal :
a. 400 kali c. 470 kali
>b. 95 kali d. 950 kali
9. Pencarian data dengan meneliti data satu persatu dari posisi awal dikenal dengan istilah :
a. Binary Searching >c. Sequential Searching
b. Randon Searching d. Binari Searching
10. Teknik yang digunakan untuk mencari suatu data pada himpunan data yang tersusun secara urut dengan cara membagi urutan himpunan menjadi 2 bagian adalah :
a. Sequential Search >c. Binary Search
b. Fibonacci Search d. D and C Search
11. Hal yang mempengaruhi kecepatan algoritma sort adalah :
>a. Jumlah operasi perbandingan dan jumlah operasi pemindahan data.
b. Jumlah operasi pembagian dan jumlah operasi pemindahan data.
c. Jumlah operasi perhitungan.
d. Jumlah operator
12. Teknik Devide dan Conquer digunakan dalam memecahkan masalah antara lain :
a. Array c. Matrix
b. MaxMin >d. Sorting dan Searching
13. Membagi n input menjadi k subset input yang berbeda (1
>a. D and C c. Sorting
b. Searching d. Rekursif
14. Usaha untuk mengurutkan kumpulan-kumpulan data dalam suatu array disebut :
a. Searching c. Devide
>b. Sorting d. Conquer
15. Berikut ini adalah metode yang digunakan pada teknik sorting , kecuali :
a. Bubble >c. Fibonacci
b. Heap d. Insertion
16. Metode Greedy dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dibawah ini, kucuali :
a. Knapsack Problem >c. Faktorial
b. Shortest Path Problem d. Minimum Spanning Tree
17. Permasalahan bagaimana mengoptimalisasi storage / memory dalam computer agar data yang disimpan dapat termuat dengan optimal merupakan permasalahan dari :
a. Knapsack Problem c. Minimum Spanning Tree
b. Sortes Path Problem >d. Optimal On Tape Storage
18. Misal terdapat 3 buah program (n=5) yang masing-masing mempunyai panjang program (l1, l2,l3,l4,l5)=(15,8,10,23,9). Tentukan urutan penyimpanannya :
a. l4,l1,l3,l5,l2 c. l2,l4,l3,l1,l5
>b. l2,l5,l3,l1,l4 d. l4,l1,l2,l5,l1
19. Penyelesaian knapsack dengan konsep dibawah ini, kecuali :
a. Pilih objek dengan nilai Pi maximal c. Pilih objek dengan PiWi maximal
b. Pilih objek dengan berat Wi minimal >d. Pilioh objek dengan berat Wi maximal
20. Dalam kasus menentukan objek yang akan dimuat dalam suatu kantong masing-masing obejek dari n objek tersebut harus mempunyai :
>a. Berat dan Profit c. Profit dan Panjang
b. Berat dan Panjang d. Panjang dan LebarMenghitung.
21. Menghitung jarak satu persatu sesuai dengan arah dan graph yang ditunjuk oleh tiap-tiap ruas / edge dan dilakukan terhadap ruas dari graph yang memiliki jalur awal dan jalur akhir adalah proses untuk mendapatkan solusi optimal dari permasalahan :
a. Knapsack c. Knapsack Problem
b. Shortest Path Problem >d. Minimum Spanning Tree
22. Short Path Problem digunakan untuk mencari :
a. Terpanjang c. Terlama
>b. Terpendek d. T erdepan
23. Penyelesaian kasus knapsack problem, yang paling optimal efektif dan efisien adalah dengan cara :
a. Matematika c. Kriteria Greedy
>b. Algoritma Greedy d. Pemrograman Greedy
24. Graph yang nantinya dihasilkan dalam masalah TRAVELINGSALESMAN adalah :
a. Graph Terbuka c. Graph semi ter tutup
b. Graph Sederhana >d. Graph Tertutup
25. Fungsi utama / tujuan dari masalah Knapsack adalah :
>a. Maksimum ∑PiXi c. Minimum ∑PiWi
b. Maksimum ∑PiWi d. Minimum ∑PiWi
26. Arti dari simpul yang tidak dihubungkan dengan suatu ruas apapun dalam menentukan pola lalu lintas dengan jumlah fase minimal adalah :
a. Simpul tersebut selalu berlaku lampu merah
b. Simpul tersebut selalu berlaku lampu merah/hijau
c. Simpul tersebut selalu berlaku lampu kuning
>d. Simpul tersebut selalu berlaku lampu hijau
e. Simpul tersebut selalu berlaku lampu hijau / kuning
27. Dalam masalah pewarnaan, banyaknya warna yang dipergunakan sebaiknya :
>a. Seminimal mungkin c. Semaksimal mungkin e. Tidak ada
b. Seoptimal mungkin d. Tidak ditentukan
28. Dalam masalah pewarnaan, warna yang sama akan diberikan bila :
> a. Simpul tidak berdampingan c. Simpul tidak terhubung oleh ruas e. Simpul tidak beruas
b. Simpul berdampingan d. Simpul terhubung oleh ruas
29. Dalam masalah pewarnaan, warna yang berbeda akan diberikan bila :
a. Simpul tidak berdampingan c. Simpul tidak terhubung oleh ruas e. Simpul tidak beruas
> b. Simpul berdampingan d. Simpul terhubung oleh ruas
30. Untuk menentukan pola lalulintas dengan jumlah Fase Minimal merupakan contoh kasus dari problem :
a. Minimum Spanning Tree .>c. Colloring
b. Sort Path Problem d. Traveling Salesman
sola dan latihan logika algoritma 2
08:56 | Diposkan oleh homeland321 | | Edit Entri
1. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut:
a. Proses
b. Program
c. Prosesor
*d. Algoritma
e. Logika
2. Suatu prosedure yang hanya akan berhenti jika mempunyai atau menghasilkan solusi sedangkan tidak menghasilkan solusi maka prosedur tersebut akan berjalan tanpa henti disebut:
a. Programming language
b. Algoritma
*c. Semi algoritma
d. Procedure
e. function
3. Diberikan P=6, Q=7, R=8 dan diberikan instruksi P=Q;Q=R maka nilai P, Q dan R saat ini adalah
a. 6,7,8
b. 7,8,6
c. 8,6,7
d. 7,8,7
*e. 7,8,8
4. Struktur percabangan yang tidak menggunakan syarat menggunakan perintah
*a. goto
b. if…then
c. select…case
d.while
e. if …then…else
5. Rekursif adalah
a. suatu prosedur yang dipanggil
b. suatu proses yang memanggil prosedur lainnya
*c. suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri.
d. Suatu prosedur looping.
e. suatu prosedur yang dipanggil dari prosedur lainnya.
6. Penjadwalan kuliah dapat diselesaikan dengan cara
*a. colouring
b. minimum spanning tree
c. knapsack problem
d.short path problem
e. travelling salesman
7. Algoritma yang digunakan untuk mencari ruas terpendek untuk menghubungkan setiap simpul dalam graph?
a. coloring
b. minimum spanning tree
c. Travelling salesman
*d. short path problem
e. knapsack problem
8. Algoritma untuk mencari waktu tempuh perjalanan terpendek dan kembali ke simpul awal:
*a. Travelling sallesman
b. minimum spanning tree
c. knapsack problem
d. short path problem
e. colouring
9. ciri-ciri graph dalam minimum spanning tree, kecuali
*a. graph tidak boleh tertutup
b. graph boleh tertutup
c. setiap ruas graph memiliki nilai
d. setiap ruas pada graph tidak memiliki arah.
e. setiap simpul terhubung oleh ruas
10. Perhatikan gambar berikut, berapakah jarak/ruas paling minimum untuk menghubungkan semua simpul pada graph. (gunakan minimum spanning tree)
a. 26
*b. 23
c. 30
d. 18
e. 24
11. Berikut ini kriteria Knapsack problem adalah
*a. minimum weight
b. maximum weight
c. minimum profit
d. minimum profit/weight
e. zero profit
12. Pencarian max dan min akan mendapatkan best case jika data yang di urutkan.
*a. urut naik
b. urut turun
c. data acak
d. data urut naik dan turun
e. data diawal harus lebih besar dari data terakhir
13. Dalam pencarian biner (bagi dua) dengan data terurut ascending. Berikut ini algoritma yang benar, kecuali :
a. jika X < A[mid] maka high = mid-1 b. jika X > A[mid] maka low = mid+1
*c. jika X > A[mid] maka high = mid+1
d. jika A[mid] < X ,maka low = mid+1 e. jika X > A[high] maka pencarian gagal
14. Diketahui data: 2 22 10 15 3 8
jika dikerjakan dengan Bubble Sort, maka iterasi ke 2 keadaan data menjadi:
a. 2 22 10 15 3 8
b. 2 3 22 10 15 8
c. 2 3 8 10 15 22
*d. 2 3 8 22 10 15
e. 2 3 8 15 10 22
15. Di ketahui data sebagai berikut:
5 3 4 2 1
dengan insertion sort, hasil iterasi ke 3 adalah:
a. 3 5 4 2 1
*b. 2 3 4 5 1
c. 3 4 5 2 1
d. 1 2 3 4 5
e. 3 4 5 1 2
16. Berapa banyak operasi perbadingan pada kondisi worst case pada proses STARITMAXMIN
*a. 2(n-1)
b.2n-1
c.n-1
d.3n/2 - 1
e.3/2n -1
17. Prinsip kerja bubble sort adalah sebagai berikut, kecuali
a. Pengecekan dimulai dari data ke 1 sampai data ke n
b. Membandingkan data ke-n dengan data sebelumnya (n-1)
c. Data dipindahkan bila bilangan yang dibandingkan lebih kecil dengan angka didepannya.
d. data tidak dipindahkan bila bilangan yang dibandingkan lebih kecil dengan angka didepannya.
*e. data tidak dipindahkan bila bilangan yang dibandingkan lebih besar dengan angka didepannya.
18. Prinsip kerja ascendingn quick sort adalah sebagai berikut, kecuali
a. menentukan lower bound
b. menentukan upper bound
c. tukarkan nilai lower bound bila lebih besar dari nilai upper bound
*d. tukarkan nilai lower bound bila lebih kecil dari nilai upper bound
e. jika lower bound lebih kecil sama dengan dari upper bound maka tidak ditukar.
19. Kumpulan Elemen – Elemen yang terurut dan memiliki tipe data yang sama disebut:
a. Rekursif d. File
b. Record e. Direktori
*c. Array
20. Pada Array 2 Dimensi dengan Ordo 4x4, dengan kondidsi A[I,J] = I , Jika I <= J, A[I,J] = J, Jika I>J Dari pernyataan diatas nilai dari A[2,2] adalah :
a. 1 d. 4
*b. 2 e.6
c. 3
21. Ada berapa simpul yang harus dibuat bila diselesaikan dengan colouring
a. 4 *d. 12
b. 8 e. 16
c. 10
22. Ada berapa simpul yang tidak dihubungkan dengan ruas
a. 1 *d. 4
b. 2 e.6
c. 3
23. Ada berapa ruas yang keluar dari tiap simpul
a. 1 *d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
24. Bila fase perjalanan AC hijau maka perjalanan yang akan hijau adalah
a. DB,BD,CB,BA d. DB,BD,CB,BC
b. DA,AB,CD,BA e. DB,BD,CA,CD
*c. DA,AB,CD,BC
25. Ada berapa fase yang terbentuk untuk menyelesaikan permasalahan tersebut
a. 3 d. 6
*b. 4 e. 7
c. 5
26. Arti simpul yang dihubungkan ruas adalah
*a. Perjalanan saling melintas
b. Perjalanan tidak saling melintas
c. Perjalanan berdampingan
d. Perjalanan tidak berdampingan
e. Perjalanan tidak melewati persimpangan
27. Syarat pemberian warna pada colouring adalah
a. simpul yang berdampingan diberi warna yang sama.
*b. simpul yang berdampingan diberi warna berbeda .
c. simpul yang tidak dihubungkan ruas diberi warna.
d. Simpul yang tidak melintas diberi warna yang sama.
e. Simpul yang saling melintas diberi warna yang sama.
28. Sebuah matriks yang dideklarasika
int j [2] [4]
Jumlah elemen matriks tersebut adalah:
a. 2 *d. 8
b. 4 e.10
c. 6
29. Hal yang mempengaruhi kecepatan algoritma pengurutan data adalah
a. Jumlah data yang dimasukkan
*b. Jumlah operasi perbandingan
c. Jenis data yang dimasukkan
d. Bahasa program yang digunakan
e. Sistem operasi yang digunakan
30. Membagi n input menjadi k subset input yang berbeda ( 1 < k < n ) . Dari k subset yang berbeda akan terdapat k subproblem dan setiap subproblem mempunyai solusinya masing-masing . Hal ini merupakan prinsip dasar dari :
*a. D and C
b. Searching
c. Sorting
d. Rekursif
e. Branching
Kunci Jawaban
DCEACADAAB
AACDBAEDCB
DDDCBABDBA