Kunci Jawaban Soal Pra UTS Teknik Pemrograman BSI (semester 3)

Tulisan yg berwarna merah adalah jawabannya, Selamat membaca :D

Pertemuan 1.

1. Dalam prosedur penulisan program arti atau maksud yang terkandung di dalam statement  adalah pengertian dari:

a. Semanti

b. Sintaks

c. Source program
d. Kebenaran Logika
e. Leksikal

2. Tenaga pelaksana (Brainware) yang membutuhkan atau menggunakan flowchart dalam melaksanakan tugasnya adalah:

a. DBA                                                   d. Technical Support

b. Programmer                                 e. Operator

c. Data Entry

3. Perangkat keras (Hardware) yang digunakan untuk melihat  output dari program adalah:

a. Keyboard                                        d. Disk Drive

b. Monitor                                          e. Mouse

c. Printer

4. Perangkat lunak seperti Windows, Unix, Linux adalah merupakan jenis perangkat lunak:

a. Package Software                       d. System Software

b. Application Software                 e. Utility Software

c. Operating System

5. Bahasa pemrograman di bawah ini yang berorientasi dalam bidang bisnis adalah:

a. Basic                                                 c. Cobol

b. Pascal                                               d. Assembler

c. Fortran









Pertemuan 2.

1. Yang bukan ciri-ciri algoritma pemrograman yang baik adalah:

a. Memiliki logika perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan  masalah

b. Menghasilkan output yang tepat dan benar dengan waktu yang lama

c. Ditulis dengan bahasa yang standar secara sistematis  sehingga tidak menimbulkan arti ganda.

d. Ditulis dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman.

e. Memiliki waktu run-time yang singkat

2. Dibawah ini manakah penulisan logika pengujian yang paling benar:

a. IF   item = nilai1                                            c.  IF  item = nilai1

    instruksi1                                                             instruksi1

    ELSE  IF  item = nilai2                                        ENDIF item = nilai2

    instruksi2                                                              instruksi2

    ENDIF                                                                     ENDIF

b. IF  item = nilai1                                             d.  IF  item = nilai1                            e. IF item = nilai

     instruksi                                                               instruksi1                                           instruksi1

     EndIF                                                                     END                                                      ELSE

     IF item = nilai2                                                   IF  item=nilai2                                   instruksi2

     Instruksi2                                                            instruksi2                                            ENDIF

     EndIF                                                                     END

3. Salah satu standar penyusunan program harus mempunyai sifat kesederhanaan  dan kejelasan dari program yang berguna untuk:

a. Portabilitas                                                     c. Perawatan dan pengembangan

b. Waktu penulisan                                         d. Kebenaran Logika

e. Efisiensi

4. Sifat penulisan program selain bersifat statis dan tidak fleksibel dan struktur programnya selalu berubah seperti program animasi disebut :

a.Data Oriented                                                                c. Terstruktur Oriented

b.Program Oriented                                       d. OOP

e.Modular programming

5. Di bawah ini yang bukan standar penulisan instruksi yang baik dalam pembuatan program adalah:

a. Hindari pernyataan untuk Percabangan (IF statement) yang sangat rumit dan Nested Loop (Loop di dalam Loop lain) yang berlebihan.

b.Gunakan sebaris atau beberapa baris kosong sebagai     pemisah    

c.Hindari penulisan “kurung buka dan tutup” dalam menulis suatu ekspresi Aritmatika atau logika.

d.Awal dan akhir statement dari sekumpulan statement ditulis pada kolom yang sama

e.Gunakan kurung buka dan kurung tutup untuk operasi     aritmatik



Pertemuan 3

1. Mendapatkan pemahaman tentang permasalahan yang ada, sehingga akan diperoleh asumsi yang benar sebelum membuat suatu program disebut :

a. Definisi Masalah                                          d. Testing and Debugging   

b. Desain Algoritma                                         e. Pengkodean

c. Bahasa Pemrograman

2. Menguji program serta mengoreksi error yang terdeteksi disebut :

a. Definisi Masalah                                          d. Testing and Debugging    

b. Desain Algoritma                                         e. Pengkodean

c. Bahasa Pemrograman

3. Dibawah ini yang bukan merupakan karakteristik seorang programmer yang baik adalah:

a. Mampu menyusun algoritma dengan baik dan logis.

b. Memiliki ketekunan dan ketelitian yang tinggi.

c.Menguasai bahasa dan teknik penulisan program dengan baik.

d. Tidak memerlukan kerjasama Tim

e. Tahan dalam kondisi tertekan (Under Pressure)

4. Dalam menulis program interaktif diperlukan di bawah ini, kecuali:

a. program harus dapat mengecek setiap kemungkinan     yang penting, yang akan muncul pada data masukan     (validasi).

b. program tidak memerlukan validasi terhadap setiap data yang masuk

c. Buatlah format masukan sesederhana mungkin

d. Berikan pesan, apabila program memerlukan suatu waktu tunggu

e. Berikan keterangan/pesan bila user salah dalam input data

5. Menentukan kebutuhan spesifikasi fungsi, kemampuan dan fasilitas program yang akan dibuat, disebut :

a.Definisi masalah                                            b.Analisis kebutuhan      

c. Desain Algoritma                                         d. Testing dan Debugging

e. Semua benar



Pertemuan 4.

1. Pada tipe data terstruktur terdapat tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih elemen/komponen yang memiliki tipe data yang sama, adalah:

a. record                                                              c. Array

b. Struct                                                               d. Statement

e. Linklist

2. Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan kumpulan (set) elemen/komponen yang memiliki satu jenis atau lebih tipe data, adalah:

a. record                                                              c. Array

b. Struct                                                               d. Linklist

e. a, b, dan d benar



3. Dibawah ini yang bukan merupakan Simple Statement, adalah :

a.  Assignment Statement                            b.  Iteration Statement

c.  Function/Procedure statement           d.  Jump Statement

e.  Penugasan

4. Statement yang digunakan untuk melakukan perulangan  sekumpulan statement, adalah :

a.Assignment Statement                              b.Iteration Statement

c.Function/Procedure statement             d. Jump Statement

e. Penugasan

5.  Jangkauan nilai dari 0 sampai dengan 255 adalah tipe :

a. Booelan                                                           b. String

c. Integer                                                             d. Real

e. Byte



Pertemuan 5.

1.Diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut, adalah:

a.     Sistem Flowchart                                     b.     Application Flowchart

c.     Program Flowchart                                 d.     Paket Flowchart

e.     UML

2. Simbol flowchart yang menggambarkan Keyboard adalah: Gambar B


3. Simbol flowchart yang menggambarkan proses adalah: Gambar D




4. Simbol flowchart yang menggambarkan pengujian pada program adalah: Gambar A


5. Simbol flowchart yang menggambarkan konektor satu halaman adalah: Gambar D




Pertemuan 6.

1.Dibawah ini  Bahasa pemrograman yang dapat menghasilkan file EXECUTABLE adalah, kecuali:

a. PASCAL                                                            d.  VISUAL BASIC

b. BASIC                                                               e.  DELPHI              

c. C

2.Menterjemahkan instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul ke dalam bahasa mesin sehingga dihasilkan suatu file executable, adalah penterjemah bahasa pemrograman, yaitu:

a. Assembler                                                      d. Compiler

b. Interpreter                                                    e. Debugging          

c. Profiling

3.   Z = ( 10 / 0 ) adalah contoh dari kesalahan program:

a.  Syntax error                                                 d. Simantic error       

b.  Runtime error                                             e. Leksikal error

c. Logic error

4.Akar minus (bilangan negatif) adalah contoh dari kesalahan program:

a.  Syntax error                                                 d. Simantic error            

b.  Runtime error                                             e. Leksikal error

c. Logic error

     

5.Output potongan program dibawah ini adalah

: I  =  0

While  I  <=  10   DO {    if ((I mod 2)==0)

                {    cout << I << “ “;         I  =  I    +    1;

                }

            }     

a.   0 2 4 6 8 10                                                    d.  0 1 3 5 7 9       

b.  2 4 6 8 10                                                        e.  0 2 4 6 8     

c.   1 3 5 7 9