Menjalan Aplikasi Web PHP dengan PHPTriad

Hai sahabat, karena sudah masuk kuliah jadi jarang posting nih soalnya banyak pelajaran asik dikampus hehe, oke kali ini saya akan membahas tentang PHPTriad, software ini hampir sama dengan PHP Designer namun pasti ada perbedaannya, mari simak baik-baik apa itu PHPTriad??
PHPTriad merupakan salah satu paket yang digunakan untuk menjalankan PHP, PHPTriad terdiri dari beberapa tool yg digunakan agar aplikasi program web yg dibuat dengan PHP bisa berjalan, PHPTriad terdiri atas :
  1. Web Server Apache
  2. Modul PHP
  3. Database Server MySQL
  4. PHPMyAdmin
Cara menginstall PHPTriad
Pertama jalankan Installer PHPTriad, Pertama kalinya anda akan dihadapkan pada “License Agrement”/ klik “I Agree”. (lihat gambar)
image
Setelah itu semua proses instalasi berjalan secara otomatis, tunggu sampai installer PHPTriad menyelesaikan proses instalasi.
image
Klik “Close” jika proses instalasi berakhir.
Menjalankan PHPTriad
Setelah instalasi selesai, aplikasi web PHP belum bisa jalan jika apache dan database server MySQL masih belum dijalankan, lakuka langkah dibawah ini :
- Jalankan Apache dengan memilih menu Start > All Program > PHPTriad > Apache Console > Start Apache (windows XP)
image
- Jalankan juga MySQL, pilih Start > All Program > PHPTriad > MySQL > MySQL-D-NT (windows XP)
- Lalu jalankan browser, dan masukan URL http://localhost.
image
Menyimpan Web Page
Untuk PHPTriad, semua file harus disimpan di “C:\apache\htdocs” agar bisa diakses oleh browser lewat web server. Misalka file yg dibuat adalah “contoh.php” maka simpan file tersebut di “C:\apache\htdocs”, ketika mengakses lewat browser maka alamat URLnya adalah : http://localhost/contoh.php
Mencoba Script
Untuk percobaan awal, akan dibuat script yg memunculkan informasi PHP, jalankan Notepad dan ketik kode berikut :
<?php
phpinfo();
?>
Simpan file tersebut di “C\apache\htdocs” dengan nama “test.phpdan jalankan dibrowser denga nama http://localhost/test.php
image
Oke sekian dulu pembelajaran dari saya (ciee udah kayak guru aja Smile with tongue out), maaf bila ada tulisan yg tidak dimengerti atau salah karena saya menulis apa adanya, bila ingin memperbaiki atau sekedar ingin bertanya silahkan tinggalkan komentar anda, terimakasih.