Tulisan yg berwarna merah adalah jawabannya, Selamat membaca :D
Pertemuan 1.
1. Dalam prosedur penulisan program arti atau maksud yang
terkandung di dalam statement adalah
pengertian dari:
a. Semanti
b. Sintaks
c. Source program
d. Kebenaran Logika
e. Leksikal
d. Kebenaran Logika
e. Leksikal
2. Tenaga pelaksana (Brainware) yang membutuhkan atau
menggunakan flowchart dalam melaksanakan tugasnya adalah:
a. DBA d. Technical Support
b. Programmer e. Operator
c. Data Entry
3. Perangkat keras (Hardware) yang digunakan untuk
melihat output dari program adalah:
a. Keyboard d. Disk Drive
b. Monitor e. Mouse
c. Printer
4. Perangkat lunak seperti Windows, Unix, Linux adalah
merupakan jenis perangkat lunak:
a. Package Software d. System Software
b. Application Software
e. Utility Software
c. Operating System
5. Bahasa pemrograman di bawah ini yang berorientasi dalam
bidang bisnis adalah:
a. Basic c.
Cobol
b. Pascal d. Assembler
c. Fortran
Pertemuan 2.
1. Yang bukan ciri-ciri algoritma pemrograman yang baik
adalah:
a. Memiliki logika perhitungan/metode yang tepat dalam
memecahkan masalah
b. Menghasilkan output yang tepat
dan benar dengan waktu yang lama
c. Ditulis dengan bahasa yang standar secara sistematis sehingga tidak menimbulkan arti ganda.
d. Ditulis dengan format yang mudah dipahami dan
diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman.
e. Memiliki waktu run-time yang singkat
2. Dibawah ini manakah penulisan logika pengujian yang
paling benar:
a. IF item = nilai1 c. IF
item = nilai1
instruksi1
instruksi1
ELSE IF item = nilai2 ENDIF item = nilai2
instruksi2 instruksi2
ENDIF ENDIF
b. IF item = nilai1 d. IF
item = nilai1 e.
IF item = nilai
instruksi instruksi1
instruksi1
EndIF END ELSE
IF item = nilai2 IF
item=nilai2 instruksi2
Instruksi2 instruksi2 ENDIF
EndIF END
3. Salah satu standar penyusunan program harus mempunyai
sifat kesederhanaan dan kejelasan dari
program yang berguna untuk:
a. Portabilitas c.
Perawatan dan pengembangan
b. Waktu penulisan d.
Kebenaran Logika
e. Efisiensi
4. Sifat penulisan program selain bersifat statis dan tidak
fleksibel dan struktur programnya selalu berubah seperti program animasi
disebut :
a.Data Oriented c.
Terstruktur Oriented
b.Program Oriented d. OOP
e.Modular programming
5. Di bawah ini yang bukan standar penulisan instruksi yang
baik dalam pembuatan program adalah:
a. Hindari pernyataan untuk Percabangan (IF statement) yang
sangat rumit dan Nested Loop (Loop di dalam Loop lain) yang berlebihan.
b.Gunakan sebaris atau beberapa baris kosong sebagai pemisah
c.Hindari penulisan “kurung buka dan
tutup” dalam menulis suatu ekspresi Aritmatika atau logika.
d.Awal dan akhir statement dari sekumpulan statement ditulis
pada kolom yang sama
e.Gunakan kurung buka dan kurung tutup untuk operasi aritmatik
Pertemuan 3
1. Mendapatkan pemahaman tentang permasalahan yang ada,
sehingga akan diperoleh asumsi yang benar sebelum membuat suatu program disebut
:
a. Definisi Masalah d.
Testing and Debugging
b. Desain Algoritma e.
Pengkodean
c. Bahasa Pemrograman
2. Menguji program serta mengoreksi error yang terdeteksi
disebut :
a. Definisi Masalah d. Testing and Debugging
b. Desain Algoritma e.
Pengkodean
c. Bahasa Pemrograman
3. Dibawah ini yang bukan merupakan karakteristik seorang
programmer yang baik adalah:
a. Mampu menyusun algoritma dengan baik dan logis.
b. Memiliki ketekunan dan ketelitian yang tinggi.
c.Menguasai bahasa dan teknik penulisan program dengan baik.
d. Tidak memerlukan kerjasama Tim
e. Tahan dalam kondisi tertekan (Under Pressure)
4. Dalam menulis program interaktif diperlukan di bawah ini,
kecuali:
a. program harus dapat mengecek setiap kemungkinan yang penting, yang akan muncul pada data
masukan (validasi).
b. program tidak memerlukan validasi
terhadap setiap data yang masuk
c. Buatlah format masukan sesederhana mungkin
d. Berikan pesan, apabila program memerlukan suatu waktu
tunggu
e. Berikan keterangan/pesan bila user salah dalam input data
5. Menentukan kebutuhan spesifikasi fungsi, kemampuan dan
fasilitas program yang akan dibuat, disebut :
a.Definisi masalah b.Analisis kebutuhan
c. Desain Algoritma d.
Testing dan Debugging
e. Semua benar
Pertemuan 4.
1. Pada tipe data terstruktur terdapat tipe data berindeks
yang terdiri dari satu atau lebih elemen/komponen yang memiliki tipe data yang
sama, adalah:
a. record c. Array
b. Struct d.
Statement
e. Linklist
2. Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan kumpulan
(set) elemen/komponen yang memiliki satu jenis atau lebih tipe data, adalah:
a. record c.
Array
b. Struct d.
Linklist
e. a, b, dan d benar
3. Dibawah ini yang bukan merupakan Simple Statement, adalah
:
a. Assignment
Statement b. Iteration Statement
c. Function/Procedure
statement d. Jump Statement
e. Penugasan
4. Statement yang digunakan untuk melakukan perulangan sekumpulan statement, adalah :
a.Assignment Statement b.Iteration Statement
c.Function/Procedure statement d. Jump Statement
e. Penugasan
5. Jangkauan nilai
dari 0 sampai dengan 255 adalah tipe :
a. Booelan b. String
c. Integer d.
Real
e. Byte
Pertemuan 5.
1.Diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan
komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar
peralatan tersebut, adalah:
a. Sistem Flowchart b. Application Flowchart
c. Program Flowchart d. Paket Flowchart
e. UML
2. Simbol flowchart yang menggambarkan Keyboard adalah: Gambar B
3. Simbol flowchart yang menggambarkan proses adalah: Gambar D
4. Simbol flowchart yang menggambarkan pengujian pada
program adalah: Gambar A
5. Simbol flowchart yang menggambarkan konektor satu halaman
adalah: Gambar D
Pertemuan 6.
1.Dibawah ini Bahasa
pemrograman yang dapat menghasilkan file EXECUTABLE adalah, kecuali:
a. PASCAL d. VISUAL BASIC
b. BASIC e. DELPHI
c. C
2.Menterjemahkan instruksi-instruksi dalam satu kesatuan
modul ke dalam bahasa mesin sehingga dihasilkan suatu file executable, adalah
penterjemah bahasa pemrograman, yaitu:
a. Assembler d. Compiler
b. Interpreter e.
Debugging
c. Profiling
3. Z = ( 10 / 0 )
adalah contoh dari kesalahan program:
a. Syntax error d.
Simantic error
b.
Runtime error e.
Leksikal error
c. Logic error
4.Akar minus (bilangan negatif) adalah contoh dari kesalahan
program:
a. Syntax error d.
Simantic error
b.
Runtime error e.
Leksikal error
c. Logic error
5.Output potongan program dibawah ini adalah
: I = 0
While I <=
10 DO { if ((I mod 2)==0)
{ cout << I << “ “; I
= I +
1;
}
}
a. 0 2 4 6 8 10 d. 0 1 3 5 7 9
b. 2 4 6 8 10 e. 0 2 4 6 8
c.
1 3 5 7 9